Sabtu, 13 Agustus 2011

Jalan Sebagai Bentuk Ruang Publik (Public Space): Sarana Interaksi Masyarakat



Jalan sebagai salah satu bentuk public space yang terbuka terkait erat dengan tempat interaksi masyarakat suatu kota. Selain memiliki fungsi sirkulasi, ruang jalan juga memiliki peran sosial dalam meningkatkan interaksi antar warga masyarakatnya(Kamil, M. Ridwan. Forgotten Space:Fenomena Koridor Jalan yang Terabaikan Sebagai Ruang Publik Kota. Info URDI Vol. 17. www.urdi.org). Pentingnya interaksi antar warga kota yang terjadi pada ruang jalan juga mampu menciptakan kontrol atas fisik ruang jalan itu sendiri yang pada akhirnya mepengaruhi kehidupan ruang kotanya,....if city’s streets look interesting, the city looks interesting, if they look dull, the city looks dull (Jacobs, Jane. The Death and Life of Great American Cities. 1961) . Pentingnya ruang jalan sebagai ruang interaksi masyarakat seperti diungkapkan oleh Kostoff dalam The City Assembled: the Elements of Urban Form through History, bahwa :
“...cities of every age have seen fit to make provision for open spaces that would promote social encounters and serve the conduct of public affairs “.
is a destination; a purpose-built stage for ritual and interaction “.
“Public spaces host structured or communal activities —festivals, riots, celebrations, public executions —...‘~
“But even now, the public place is the canvas on which political and social change is painted”
Jalan merupakan ruang publik yang secara fisik bersifat terbuka dan mampu menjadi elemen vital pertumbuhan perkotaan. Tidak mungkin suatu kota tumbuh tanpa keberadaan jalan. Pentingnya keberadaan ruang jalan menjadikan ia sebagai cermin peradaban kota dan kehidupan sosial masyarakatnya(Jacobs , Jane. The Death and Life Great American City. NY: The Modern Library. 1961):. Pentingnya pengaruh fungsi jalan terhadap aspek sosial masyarakat tercermin dalam tulisan Allan B. Jacob yang menyatakan bahwa jalan yang baik adalah jalan yang mampu membentuk suatu komunitas; ia dapat memfasilitasi tindakan dan interaksi yang dilakukan oleh anggota komunitas secara bersama-sama karena interaksi tidak dapat dilakukan sendiri-sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar